Gaun ke penyapu lantai nie?

INILAH.COM,– Fesyen memang berkembang dengan kemajuan teknologi. Hal inilah yang menggelitik beberapa ilmuan untuk menciptakan gaun yang dikatakan mampu membersihkan udara dari polusi. Seperti apa?

Pereka dan beberapa ilmuwan London menciptakan gaun ini dengan menggunakan nanoteknologi. Sehingga gaun akan dapat menyerap polusi seperti asap, debu dan zat berbahaya lainnya. Project ini disebut ‘The Catalytic Clothing Project’.

Seperti dikutip dari Genius Beauty, gaun itu dikembangkan oleh Profesor Helen Storey, dari London College of Fashion bekerjasama dengan ilmuwan Tony Ryan dari Universiti Sheffield.



Baju berekor yang terlihat elegan dan cantik ini nampak serupa dengan yang sering dikenakan para model di catwalk. Namun, perbezaannya terletak pada proses pembuatan kain bahan gaun yang melibatkan ilmu molekuler.

Kain sifon yang dibuat khusus ini mengandung fotokatalis yang menghancurkan polutan udara dengan bantuan cahaya matahari. Jika kontaminan menyentuh pakaian, gaun akan segera menangkap dan menghancurkan polusi. Uniknya, setiap bekas polutan akan hilang saat pencucian.

“Gaun ini didesain bagi mereka yang mencintai kebersihan,” ujar peneliti.

Ulasan