Penemuan terbaru tentang cara-cara penjimatan beteri HP dan Laptop




VIVAnews - Seorang mahasiswa Duke University, North Carolina, Amerika Syarikat di bawah panduan penolong profesor bidang electrical and computer engineering berhasil menemukan sistem yang mampu melipatgandakan masa aktif bateri handset.

Menurut Justin Manweiler, mahasiswa itu, sistem yang disebut SleepWell memungkinkan telefon dan laptop bekerja lebih lama dengan melakukan perubahan di teknologi WiFi.

Manweiler menyebutkan, energi milik gadget cepat habis jika ada perangkat WiFi lain yang aktif di sekitarnya. Dalam kes tertentu, setiap perangkat harus ‘tetap terjaga’ sebelum dia mulai melakukan download terhadap informasi yang diinginkan.

Sebagai contoh, Manweiler menyebutkan, saat mendownload sebuah filem di kawasan bandar, bateri akan habis jauh lebih cepat dibandingkan jika mendownload filem yang sama di kawasan pertanian yang sepi.

Software yang dikembangkan oleh Manweiler mengatasi masalah ini dengan memungkinkan perangkat mobile itu masuk ke posisi ‘sleep’ saat perangkat yang ada di sekitarnya sedang mendownload lewat WiFi. Ini tidak hanya menghemat energi perangkat itu, tetapi juga perangkat lain yang ada di sana.

“Kota besar menghadapi jam sibuk dan pekerja datang serta pulang di waktu yang kurang lebih sama,” kata Manweiler, dikutip dari MedIndia, 7 Julai 2011. “Jika jam kerja lebih fleksibel, perusahaan boleh mengubah jam kerjanya dan mengurangi kepadatan di jam sibuk. Dengan berkurangnya kepadatan, akan lebih banyak waktu luang meski jumlah jam kerja tetap sama,” ucapnya.

Hal serupa, kata Manweiler, juga terjadi pada perangkat mobile yang berusaha mengakses Internet di waktu yang sama. “SleepWell memungkinkan perangkat WiFi menggeser siklus aktiviti mereka, meminimal overlap dengan yang lain, dan akhirnya menghasilkan penjimatan energi tanpa pengurangan kinerja yang terasa,” ucapnya.

Sistem SleepWell yang dikembangkan Manweiler diperkenalkan di pameran Conference on Moblie Systems, Applications and Services yang digelar oleh Association for Computing Machinery di Washington D.C.

Sumber

Nuffnang

Santai

Ulasan